Webinar Pemanfaatan Teknologi Digelar

Wed, August, 2020

PURWOKERTO – Guna berbagi informasi tentang gambaran pemanfaatan dan fenomena teknologi pada masa work from home (WFH) di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, STMIK Widya Utama (SWU) menggelar Webinar Teknologi. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sejak Senin (18/5) melalui aplikasi zoom dan diikuti sebanyak 100 peserta.

Hari pertama, tema yang diangkat adalah Fenomena Media Sosial di Era Covid-19. Webinar ini menghadirkan dua nara sumber, yakni Rianti Yunita K, SPd, MKom dan Lutvi Riyandari, SPd, MSi, serta dipandu Riana Safitri, MKom sebagai moderator.

Webinar yang dimulai pukul 10.00 ini diikuti peserta dari kalangan mahasiswa SWU dan umum. Webinar hari pertama fokus pada efek besar yang dibawa media sosial dalam penyebaran informasi mengenai Covid-19. Di akhir Webinar, peserta mendapatkan kesempatan untuk bertanya kepada para pemateri.

”Sebenarnya peserta yang terdaftar secara online kurang lebih 250 orang dari berbagai profesi, yaitu mahasiswa, guru, dosen, dan umum. Namun karena keterbatasan kuota zoom yang kita miliki, maka peserta yang bisa berinteraksi secara langsung di aplikasi zoom ini dibatasi. Adapun peserta lain yang tidak sempat tergabung dalam zoom diberikan soft file materi,” terang Penanggung Jawab Webinar, Rianti Yunita.

Sementara webinar hari kedua mengambil tema Era Baru Sistem Keamanan Komputer, Apakah Aman? Ada dua pemateri yang terlibat, yakni Sulistiyasni, SKom, MCs dan Ika Indah Lestari, MSi. Sedangkan moderatornya Evi Martiani, SKom.

Mencegah Pencurian Data

Dalam kesempatan ini, pemateri fokus pada keamanan siber yang harus ditingkatkan untuk mencegah pencurian data, sebab potensi pencurian data digital saat ini sudah menjadi ancaman global.

Sedangkan pada webinar hari ketiga (terakhir), seluruh pematerinya para dosen SWU. Mereka antara lain Muhammad Akbar Setiawan MKom dan Sunaryono, MKom yang dipandu Singgih Briandoko, SPd, MKom sebagai moderator.

Webinar dengan tema Tetap Produktif di Masa Pandemi ini fokus pada aktivitas konkrit yang dapat dilakukan, supaya tetap dapat menjalani hidup dengan bahagia dan tanpa stres. Sesi akhir webinar berupa tanya jawab dan diskusi dari beberapa peserta dan diakhiri dengan closing statement oleh moderator.

Ketua SWU, Muh Sofi’i secara khusus memberikan apresiasi kepada para pelaksana dan program studi secara umum. Pihaknya berharap kegiatan positif ini dapat terus dilanjutkan sebagai sarana diskusi dan sharing informasi.(H48-1)