Mahasiswa SWU Berilmu sampai Tiongkok

Mon, November, 2019

STMIK Widya Utama (SWU) adalah sekolah tinggi ilmu komputer pertama di eks karesidenan Banyumas yang telah menjalin kerjasama dengan belasan universitas dan politeknik diluar negeri seperti Korea, Jepang dan Tiongkok. Salah satunya adalah kampus di Tiongkok.

Setelah berhasil memberangkatkan 2 mahasiswinya atas nama Puji Eka Wati dan Rokhyati ke Catholic University of Daegu pada 2015 dan Rizky yang magang di Jepang, kali ini SWU mempunyai 3 mahasiswa yang berangkat ke Tiongkok. Ketua SWU, Muh Sofi’i mengatakan, akhirnya program ini dapat berlanjut dan kali ini ke Tiongkok. Saya yakin ini bukan yang terakhir. Kami akan terus berusaha mewujudkan impian mahasiswa kami yang ingin mencicipi kuliah di luar negeri. Mereka sekarang sudah tiba di Guizhou Light Industry Technical College (GLITC). Ketiga mahasiswa akan menerima program double degree. Ini adalah program yang sangat menguntungkan. Mengingat selain mereka akan mendapat pengalaman belajar di Tiongkok, otomatis mahasiswa akan mendapat 2 ijazah, yaitu dari SWU dan GLITC.

Keuntungan lain yang didapat mahasiswa ketika mengikuti double degree adalah mereka mendapat akses yang lebih mudah untuk bekerja di perusahaan asing di Indonesia, khususnya perusahaan Tiongkok. Mereka dapat bersaing dengan mahasiswa yang lulus dari universitas ternama di Indonesia.

“Kami senang akhirnya bisa berangkat” kata Arian. Perempuan kelahiran Kota Pekalongan ini mengaku tidak menyangka mimpinya bisa terwujud untuk kuliah ke luar negeri. Ketika ditanya mengenai persiapannya untuk kuliah di Tiongkok, dia menjawab, “ agak tegang sebenarnya, tapi persiapan lebih banyak ke bahasanya dulu sih”. Arian akan kuliah pada jurusan Software Technology.

Berbeda dengan Arian, Devi sangat menikmati setiap proses keberangkatannya. Perempuan bernama lengkap Devieta Wulandari sudah tidak sabar ingin segera memulai proses belajar. “Aku udah gak sabar pengen cepet-cepet kuliah sih.” Tidak heran karena jurusannya adalah Big Data. Bidang yang sedang banyak orang bicarakan di dunia teknologi informasi.

Hartati yang ditemui dilain tempat menyampaikan bahwa dia senang bisa membuat orang tuanya bangga. “aku terharu bisa buat bangga bapak ibu”. Perempuan yang biasa dipanggil Tati memilih jurusan Internet of Things atau IoT. “Semoga kami bisa cepat menyesuaikan dengan budaya Tiongkok dan bisa lulus dengan lancar” imbuh Tati.

Kami mengajak bagi semua pelajar lulusan SMA/MA/SMK untuk bergabung dengan SWU karena tidak menutup kemungkinan SWU juga akan bekerja sama dengan universitas-universitas di Eropa. Ini merupakan peluang emas. SWU akan memfasilitasi calon mahasiswa yang berminat melanjutkan studi di luar negeri.” ujar Sofi.